1. Buatlah catatan siswa yang lebih khusus yang berisi informasi tambahan tentang pengetahuan komputer siswa. Tugasnya adalah meng-extend class StudentRecord yang mengimplementasikan pelajaran sebelumnya. Cobalah untuk meng-override beberapa method yang ada dalam superclass StudentRecord.
File: StudentRecord.java
public class StudentRecord {
public String name;
private String address;
private int age;
private double mathGrade;
private double englishGrade;
private double scienceGrade;
private double average;
private static int studentCount;
//Menghasilkan nama dari Siswa
public String getName(){
return name;
}
//Mengubah nama siswa
public void setName( String temp ){
name = temp;
}
//Menghitung rata – rata nilai Matematik, Bahasa Inggris,IlmuPasti
public double getAverage(){
double result = 0;
result = ( mathGrade+englishGrade+scienceGrade )/3;
return result;
}
//Menghasilkan jumlah instance StudentRecord
public static int getStudentCount(){
return studentCount;}
}
File: StudentRecordExample.java
public class StudentRecordExample
{
public static void main( String[] args ){
StudentRecord afrilRecord = new StudentRecord();
//Memberi nama siswa
afrilRecord.setName("Afril");
//Menampilkan nama siswa
System.out.println(afrilRecord.getName() );
//Menampilkan jumlah siswa
System.out.println("Count= "+StudentRecord.getStudentCount());
}
class CobaOverride extends StudentRecord {
@Override
public String getName(){
System.out.println("afril juga student loooh....");
return name;}
}
}
2. Buatlah class abstract yang dinamai Shape dengan method abstract getArea() dan getName(). Tulis dua subclasses-nya yaitu Circle dan Square.
abstract class Shape {
private String nm;
Shape(String nama) {
nm = nama; }
public String getName() {
return nm;
}
abstract float getArea();
}
class Circle extends Shape {
int r;
Circle(String nama) {
super(nama);
r= 3;
}
float getArea() {
float luas;
luas = (float)(3.14 * r * r);
return luas;
}
}
class Square extends Shape {
private int sisi;
Square(String nama) {
super(nama);
sisi = 3;
}
float getArea() {
float luas;
luas = sisi * sisi;
return luas;
}
}
thx banget,
BalasHapussangat menolong ehehe