Interaksi Manusia dan Komputer

Menurut saya IMK atau biasa disebut HCI (Human Computer Interaction) adalah interaksi atau keterhubungan manusia, baik sebagai individu maupun kelompok, yang memanfaatkan teknologi dengan bantuan alat bernama computer. Computer disini dapat berarti desktop sampai dengan system computer besar. Contoh dari IMK dalam kegiatan sehari-hari antara lain mesin SPBU, ATM, kasir di supermarket, pengisian KRS secara online oleh mahasiswa di kampus, penggunaan handphone, e-banking, e-commerce, dan lain-lain.

Skemanya dapat dilihat sebagai berikut:

Interaksi Manusia-Mesin + Informasi dan Teknologi = Interaksi Manusia - Komputer

Manusia adalah sebagai user yang memanfaatkan suatu teknologi. Komputer adalah teknologi mulai dari desktop sampai dengan system computer besar. Interaksi adalah komunikasi antara user dengan computer. Dapat berupa komunikasi langsung (adanya feedback) maupun tidak langsung (adanya proses). Disiplin-disiplin ilmu yang terkait dengan HCI antara lain ilmu computer, psikologi, linguistic(tata bahasa), antropologi, design grafik, sosiologi, filosofi, matematika, seni, dan artificial intelegence.

Tujuan dari IMK adalah membuat desain user interface, malakukan analisis desain, dan membuat system yang terkait dengan IMK. Jadi dapat dikatakan bahwa IMK terkait dengan suatu sistem interaksi/interface yang memiliki perpaduan antara sains dan seni yang mampu memenuhi kebutuhan user. Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency).

Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepada apakah sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Dengan demikian, focus suatu interface tidak hanya dari keindahan saja, tetapi juga aspek kegunaan, keselamatan, dan aspek-aspek lain yang telah disebutkan diatas.

Dalam berinteraksi dengan computer, user pertama kali akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Sebelum sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh software, user dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. User harus dapat mengoperasikan seperangkat alat tersebut. Selanjutnya, user akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan user.

Beberapa hal yang harus diketahui dalam mendesain suatu interface adalah:

· Physical ability (depend on user)

· Cognitive ability / kemampuan nalar

· Personality difference

· Skill difference

· Cultural

· Motivation

· Special needs

Sedangkan dua hal yang tidak boleh dilakukan dalam mendesain suatu interface adalah tidak mengasumsikan semua user sama, dan tidak mengasumsikan semua user sama dengan designer. Mengapa? karena kemampuan nalar setiap user terhadap suatu interface tidaklah sama.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu IMK menurut versi saya. Terima kasih.


Referensi:

http://jauari88.wordpress.com/2007/10/23/pengertian-interaksi-manusia-komputer/

Buku Interaksi Manusia dan Komputer. Penerbit Gunadarma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar