Metode Ilmiah

DEFINISI

Sebelum masuk ke dalam arti metode ilmiah itu sendiri, maka terlebih dulu kita pahami dua kata ini, metode dan ilmiah. Metode dapat kita artikan sebagai cara atau alat yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan ilmiah dapat kita kaitkan dengan suatu ilmu yang dapat dibuktikan keandalannya. Jadi, metode ilmiah itu sendiri dapat kita simpulkan sebagai suatu prosedur (urutan langkah) yang harus dilakukan untuk melakukan suatu proyek ilmiah atau untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu.

TUJUAN

Tujuan metode ilmiah adalah mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional, yang teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.

LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH

  1. Perumusan Masalah
    Pertanyaan mengenai obyek empiris yang jelas batas-batasnya serta dapat diidentifikasikan faktor-faktor yang terkait di dalamnya.
  2. Penyusunan kerangka berpikir dalam pengajuan hipotesis
    Argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin terdapat antara berbagai faktor yang saling terkait dan membentuk konstelasi permasalan.
  3. Perumusan hipotesis
    Jawaban sementara atau dugaan jawaban pertanyaan yang diajukan yang materinya merupakan kesimpulan dari kerangka berpikir yang dikembangkan.
  4. Pengujian hipotesis
    Pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hasil hipotesis yang diajukan untuk memperlihatkan apakah terdapat fakta-fakta yang mendukung hipotesis tersebut atau tidak.
  5. Penarikan kesimpulan
    Penilaian apakah sebuah hipotesis yang diajukan itu ditolak atau diterima. Sekiranya dalam proses pengujian terdapat fakta yang cukup yang mendukung hipotesis maka hipotesis itu diterima. Dan sebaliknya sekiranya tidak terdapat fakta yang cukup maka hipotesis itu ditolak.

KRITERIA METODE ILMIAH

  • Berdasarkan fakta
  • Bebas dari prasangka
  • Menggunakan prinsip-prinsip analisis
  • Menggunakan hipotesis
  • Menggunakan ukuran yang objektif
  • Menggunakan teknik kuantitatif
___________________________________________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar